Penelitian Tindakan Kelas: Metode Demonstrasi Meningkatkan Hasil Belajar Fikih di MIS Riyadul Jannah

Abdul Rahman Sidiq, seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UINSU Medan, telah berhasil menggelar sebuah penelitian tindakan kelas yang menarik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Riyadul Jannah di Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fikih, khususnya materi mandi wajib, melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas IV selama tahun pelajaran 2021/2022.

Dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Materi Mandi Wajib Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV MIS Riyadul Jannah Long Ikis Tahun Pelajaran 2021/2022”, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dimulai pada tanggal 18 Oktober 2021, sementara siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2021.

Metode demonstrasi dipilih sebagai pendekatan utama dalam penelitian ini karena kemampuannya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa melalui pengamatan langsung dan partisipasi aktif. Dalam siklus pertama, Abdul Rahman Sidiq menerapkan metode demonstrasi dengan mendemonstrasikan langkah-langkah mandi wajib secara langsung kepada siswa. Selanjutnya, siswa diminta untuk melakukan langkah-langkah tersebut secara mandiri di bawah bimbingan guru.

Hasil dari siklus pertama menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi mandi wajib. Namun, untuk memperkuat pemahaman tersebut, siklus kedua dilaksanakan dengan lebih mengutamakan partisipasi aktif siswa. Dalam siklus kedua, siswa didorong untuk secara aktif terlibat dalam demonstrasi dan melakukan langkah-langkah mandi wajib secara bergantian.

Setelah melalui kedua siklus penelitian, terlihat peningkatan yang sangat baik dalam hasil belajar siswa. Mereka tidak hanya mampu mengingat langkah-langkah mandi wajib dengan lebih baik, tetapi juga memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menjaga kebersihan dalam agama Islam.

Abdul Rahman Sidiq menyatakan bahwa penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif, terutama dalam konteks pembelajaran agama. Dia juga berharap hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru-guru lain dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah mereka.