Struktur kurikulum Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) di UIN Sumatera Utara Medan dirancang dengan cermat untuk memastikan bahwa calon guru tidak hanya memperoleh pemahaman yang mendalam tentang aspek teoritis pendidikan, tetapi juga memperoleh pengalaman praktis yang relevan dan berarti. Kurikulum ini mencakup empat kompetensi utama yang diperlukan dalam menghadapi kompleksitas tugas keguruan.

  1. Kompetensi Pedagogik: Dalam konteks ini, calon guru belajar untuk mengelola proses pembelajaran dengan memahami karakteristik peserta didik, menerapkan teori belajar yang sesuai, merancang kurikulum yang relevan, menyusun strategi pembelajaran yang efektif, serta melakukan penilaian dan evaluasi yang berkelanjutan.
  2. Kompetensi Kepribadian: Di samping memahami materi pelajaran, calon guru juga diajarkan untuk menjadi teladan bagi siswa. Ini melibatkan pengembangan kepribadian yang stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, yang dapat memberikan dampak positif pada lingkungan belajar.
  3. Kompetensi Profesional: Sebagai bagian dari persiapan mereka, calon guru diberikan keterampilan teknis yang diperlukan untuk melaksanakan tugas keguruan dengan baik. Hal ini mencakup penguasaan materi pelajaran, kemampuan merancang pembelajaran yang kreatif, refleksi diri yang terus-menerus untuk pengembangan profesional, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.
  4. Kompetensi Sosial: Penting bagi calon guru untuk memiliki kemampuan dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak, termasuk siswa, rekan kerja, orang tua, dan masyarakat sekitar. Mereka juga diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan sosial serta beradaptasi dengan lingkungan yang heterogen.